Simak Cara Mencegah Penularan Hepatitis Akut

by -2780 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan upaya pencegahan penularan hepatitis akut. Masyarakat harus melakukan berbagai hal.

Menurut Nadia pencegahan itu adalah dengan mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Nadia mengatakan, jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran, agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Adapun gejala tersebut ditemukan pada ketiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta. Mereka meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda, dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

“Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran,” kata Nadia dalam keterangan tertulis, Selasa (3/5/2022).

Nadia menegaskan, Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia, dan belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022.

Ditambah lagi sudah ada 3 pasien anak yang meninggal di Indonesia dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Nadia menjelaskan penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium di luar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D, dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Adenovirus terdeteksi pada 74 kasus di luar negeri yang setelah dilakukan tes molekuler, teridentifikasi sebagai F type 41. SARS-CoV-2 ditemukan pada 20 kasus, sedangkan 19 kasus terdeteksi adanya ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.