Tiga Anak Jadi Korban Hepatitis Akut Misterius di Jakarta, Berikut Hasil Investigasi Kemenkes

by -913 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Kasus hepatitis akut misterius yang sudah menelan korban anak-anak tentu membuat para orangtua khawatir.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan investigasi terhadap kasus penyakit kuning hingga menyebabkan 3 anak di DKI Jakarta tersebut meninggal.

Pihak Kemenkes kemudian merilis hasil investigasi kasusnya. Diketahui tiga pasien anak tersebut dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo dan diduga mengidap hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya.

Merespon kasus tersebut, Kemenkes dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi kontak.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengetahui faktor risiko terhadap tiga kasus yang diduga merenggut nyawa tiga anak di DKI Jakarta itu.

Adapun pemaparan hasil investigasi kontak kasus hepatitis akut misterius tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada konferensi pers, Kamis, (5/5/2022).

“Ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut sehingga hanya memberikan sedikit waktu bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan,” jelas Siti Nadia.

Nadia juga menerangkan tiga kasus haptitis akut misterius itu terdiri dari anak berusia dua tahun yang belum menerima vaksinasi hepatitis.

Lalu anak usia delapan tahun yang baru menerima satu kali vaksin. Kemudian yang ketiga adalah anak usia 11 tahun yang sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi hepatitis. Fakta lain adalah satu kasus hapatitis akut misterius itu diantaranya memiliki penyakit penyerta. Tetapi pihaknya memastikan ketiga anak dimaksud itu negatif Covid-19.

Nadia menjelaskan, sampai saat ini ketiga kasus itu belum bisa digolongkan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat. namun, sambungnya, masuk pada kriteria pending klasifikasi karena masih ada pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan.

“Terutama pemeriksaan adenovirus dan pemeriksaan Hepatitis E yang membutuhkan waktu antara 10 sampai 14 hari ke depan,” tutur Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Kesehatan Masyarakat Kemenkes itu.

Pihaknya juga memastikan bahwa tidak ada riwayat hepatitis pada anggota keluarga dari ketiga pasien yang meninggal dunia.

Dari hasil investigasi kasus hepatitis akut misterius itu juga menemukan anggota keluarga lain juga tidak memiliki gejala dan keluhan seperti mual, muntah, dan diare.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.