Trubus Rahadiansyah Prawiraharja: Untuk Penyederhanaan Organisasi ASN Pemerintah Perlu Kerjasama dengan universitas

by -48 Views

Jakarta, TERBITINDO.COM – Guna meningkatkan pelayanan publik, Pakar kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah Prawiraharja menganjurkan Pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai Universitas atau Perguruan Tinggi dan tidak hanya mengandalkan sekolah kedinasan.

Menurut Trubus, beberapa negara maju seperti Jerman, Australia, dan Jepang berhasil menerapkan skema penyederhanaan organisasi ASN dengan cara membangun kerja sama dengan universitas yang ada di negara tersebut, dan berhasil.

“Mereka kerja sama dengan perguruan tinggi, mahasiswanya yang rangking 1-10 atau sampai 20 sudah direkrut, dilatih, langsung dijejal dengan pelatihan, misal 3 bulan saja mereka sudah bisa mengoperasikan segala macam terkait IT nya,” papar Trubus, Senin (9/1/2023).

Trubus menekankan bahwa jika skema rekrutmen ASN telah dimulai dari universitas dan tidak lagi hanya pada sekolah kedinasan, maka ASN yang diperoleh menurutnya akan lebih profesional dan kompeten.

Lebih lanjut, Trubus mengatakan bahwa dengan membangun kerjasama dengan universitas atau perguruan tinggi, persiapan menjasi ASN sudah lebih matang dan tanggap karena telah dibentuk selama mahasiswa. Dengan begitu, mereka yang masuk ke lingkungan pemerintah akan lebih kompeten dan cepat diperoleh ketimbang pola rekrutmen sebelum-sebelumnya.

Meski demikian, Trubus memberi apresiasi tmengenai pola rekrutmen menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) selama ini. menurutnya, pola CAT ini juga bisa menghasilkan ASN yang kerkompeten.

(cs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.