PKS dan NasDem Bakal Bertemu Rabu Ini, Apakah Siap Koalisi?

by -2224 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman membeberkan rencana pertemuan PKS dengan NasDem yang rencananya digelar pada Rabu, (22/6/2022).

Sohibul menyampaikan pertemuan itu sudah direncanakan sebelum NasDem menggelar rapat kerja nasional (Rakernas).

“Insyaallah kita akan bertemu dengan pimpinan NasDem. Kita sudah komunikasi teman-teman dengan Saudara Willy yang sudah ada di sana. Nanti disambut oleh Pak Surya Paloh pada hari Rabu siang,” jelas Sohibul kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Sohibul menegaskan pertemuan PKS dengan NasDem tidak langsung membahas koalisi tetapi terlebih dahulu menyamakan frekuensi. Penentuan koalisi PKS akan diputuskan oleh Majelis Syura.

“Saya kira pembicaraan kita di hari Rabu nanti, tentu tidak akan langsung gas plong ya kita berkoalisi. Saya katakan di PKS itu penentuan koalisi dengan siapa, mengusung siapa dengan siapa adalah Majelis Syura. Karena itu, ini adalah proses komunikasi politik untuk bisa menyamakan, semacam check sound, menyamakan persepsi, frekuensi,” kata Sohibul.

Namun katanya, jika hasil pertemuan dan komunikasi yang dilakukan PKS dengan NasDem dinilai kondusif, Sohibul mengatakan tidak menutup kemungkinan PKS akan berkoalisi dengan NasDem.

“Nah itu menjadi menjadi masukan kita dalam Majelis Syura. Kalau ternyata hasil Majelis Syura bahwa komunikasi dengan NasDem dengan segala substansinya itu ternyata ‘oh ini kondusif’ bisa jadi kita putuskan untuk kemudian berkoalisi dengan NasDem,” katanya.

Lebih lanjut, Sohibul mengatakan pertemuan PKS dengan NasDem sudah direncanakan sebelum NasDem menggelar rakernas pekan lalu.

“Riwayatnya jauh sebelum rakernas, komunikasi politik dengan NasDem terjadi. Nah di situ ada keinginan kita untuk bertemu, tetapi Bang Surya Paloh mengatakan jauh sebelum rakernas ‘boleh kita bertemu, tapi setelah rakernas,” tutup Sohibul.

Akbar Saki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.