Ayo Simak, Siapa Penduduk Asli Desa Wae Rebo di NTT

by -2204 Views

Manggarai,TERBITINDO.COM – Wae Rebo adalah salah satu desa mini yang terletak di pegunungan terpencil di Pulau Flores, atau Kecamatan Satar Mese Barat, Flores, Kabupaten Manggarai, NTT.

Desa cantik ini pada 2012 silam masuk daftar warisan dunia dari UNESCO.

Adapun desa ini terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

Keistimewaannya, selain keindahan alam pegunungan, ada 7 rumah adat ikonik yang disebut Mbaru Niang.

Keberadaan rumah adat Wae Rebo ini sudah familiar di Indonesia bahkan di luar negri . Ribuan Wisatawan juga telah mendatangi tempat eksotis ini.

Tapi tahukah anda jika penduduk Wae Rebo ternyata berasal dari Minangkabau.

“Kami berasal dari Minangkabau, dahulunya leluhur kami datang dari Minangkabau menggunakan sampan layar,” jelas Aleks, Ketua Adat Wae Rebo, yang dikutip dan diperbaharui dari Youtube TV Culture Channel, Sabtu, (14/5/2022).

Leluhur Wae Rebo ini, berlayar dari Minangkabau menuju Makassar. Kemudian mereka melanjutkan perjalanannya ke Pulau Komodo.

“Mereka kemudian mendarat di Flores, dan sempat tinggal beberapa generasi sebelum akhirnya sampai di sini,” jelasnya.

Aleks mengungkapkan, nenek moyang mereka menganut keyakinan animisme, gencarnya pengaruh misionaris membuat penduduk kini beralih ke Kristen Katolik.

Diketahui akhir 2021 silam, Desa Wae Rebo masuk daftar 50 desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Menparekraf Sandiaga Uno pun sudah mengunjungi kunjungi negri di atas awan ini.

Edwin Grison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.