Waspada! Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut

by -1791 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Hepatitis akut saat sedang parah. Adapun gejala penyakit hepatitis akut pada tiga anak yang meninggal setelah dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta.

Juru Bicara Kementerian Keseharan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, melalui keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Selasa (3/5/2022), menyampaikan pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia.

“Gejala yang ditemukan pada pasien adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran,” jelas Nadia.

Nadia mengungkapkan jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, serta mengalami penurunan kesadaran, segera dibawa ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Sejak dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan kasus hepatitis akut terus bertambah. Sedikitnya tercatat 170 kasus dilaporkan oleh 12 negara. Penyakit ini menyerang anak usia 1 bulan sampai 16 tahun.

Menurut Nadia, penyebab penyakit hepatitis akut belum diketahui sampai saat ini. Pemeriksaan laboratorium di luar negeri menunjukkan virus hepatitis tipe A, B, C, D, dan E, tidak ditemukan pada para pasien penyakit tersebut.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.