Beda, Di Manggarai Gubernur NTT Disambut Aksi Demo

by -263 Views

Ruteng,TERBITINDO.COM – Berbeda dengan kabupaten lain, Kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kabupaten Manggarai disambut aksi demonstrasi oleh Lembaga Pengkaji Peneliti Demokrasi Masyarakat (LPPDM), Senin (18/4/22).

Aksi ini dipimpin langsung oleh Ketua LPPDM Marsel Nagus Ahang. Di bawah penjagaan ketat aparat kepolisian, Marsel Ahang mengungkapakan sejumlah kegagalan Gubernur Laiskodat dalam menjalankan program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).

TJPS, kata Marsel, merupakan program yang tidak jelas dan hanya menghabiskan anggaran negara. Pada tahun 2020, TJPS pernah dilakukan di Pulau Timor, NTT dengan pagu sebesar Rp 25 miliar, namun gagal.

“Total anggaran untuk program TJPS dari tahun 2020-2022 sebesar Rp 100 miliar. Program ini merupakan kerjasama antata Pemprov NTT dengan Bank NTT. Program ini tidak jelas dan hanya mengorbankan masyarakat kecil,” tegas mantan anggota DPRD Manggarai periode 2014-2019 itu.

Lebih lanjut Marsel mengatakan dalam program TJPS masyarakat tidak diberikan modal usaha, tetapi hanya menerima bantuan bibit jagung dan obat-obatan. Celakanya, utang-utang daerah dari program ini dibebankan kepada masyarakat untuk melunasinya.

Marsel mendesak KPK dan seluruh lembaga penegak hukum untuk memeriksa Gubernur NTT dan lembaga-lembaga terkait lainya, sebab ada dugaan penyelewengan anggaran negara dalam program yang gagal tersebut.

Di Manggarai ada beberapa agenda penting orang nomor satu di NTT itu. Peninjauan pasar digital di Pasar Inpres Ruteng, Peninjauan jalan Perak-Bea Mese di Kecamatan Cibal, Peninjauan Perkebunan Sayur berupa Greenhouse di Desa Poco Likang, Peninjauan showroom Dekranasda, Peninjauan takjil di pelataran Masjid Baiturahman Ruteng, Peninjauan Cafe Kopi Mane, Pertemuan dan Penanaman bibit bambu aur secara simbolik bersama Bupati dan KPH di Desa GoloWorok, Penanaman perdana jagung dalam program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) di Desa Nao Kecamatan Satar Mese.

Edwin Grison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.