Bimas Katolik Kemenag Kisruh, Jokowi Perlu Turun Tangan

by -188 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Sampai saat ini posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Katolik Kementerian Agama (Kemenag) masih kosong, hanya diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Menanggapi hal tersebut, sejumlah Ormas Katolik langsung mengirimkan surat langsung kepada Presiden Jokowi untuk meminta agar memerintahkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menunjuk pejabat definitif Dirjen Bimas Katolik.

Adapun Ormas-ormas Katolik yang telah bersama mengirimkan surat kepada Presiden adalah DPP Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), PP Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), PP Pemuda Katolik, dan Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKI).

Dikutip pada Minggu (8/1/2023), bunyi surat tersebut demikian:

“Menginstruksikan kepada Menteri Agama RI untuk segera melakukan seleksi terbuka pengisian jabatan Dirjen Bimas Katolik dalam waktu dekat sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek integritas, kompetensi, profesionalitas, dan demi kepentingan bersama umat Katolik.”

Berdasar pada Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 22 Tahun 202, mereka menginstruksikan agar segera menetapkan Dirjen Bimas Katolik Kemenag.
Dalam peraturan tersebut, Penugasan Pelaksana Tugas ditetapkan untuk waktu paling singkat 1 bulan dan paling lama 3 bulan dan dapat diperpanjang paling banyak untuk satu kali penugasan.

Saat Ini, Bimas Katolik Kemenag diisi oleh Plt Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono. Ia sudah bertugas sejak sejak Desember 2021 melalui Surat Perintah Menteri Agama RI Nomor: 058231/B.II/3/2021 tanggal 16 Desember 2021. Albertus sudah lebih dari satu tahun menjabat.

(Cf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.