Bendahara Pimpinan Setda Lembata Tewas Gantung Diri di Pohon Asam

by -1711 Views

Lembata,TERBITINDO.COM – Bendahara Pimpinan pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Lembata, Albertus Ali Buran (45), ditemukan tewas tergantung di pohon asam di kawasan Lusikawak, Desa Nubamado, Kecamatan Nubatukan, Lembata, Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 09.00 Wita. Sehari sebelumnya, Ia menghilang dari rumah.

Ketika ditemukan, korban tergantung di pohon asam dalam posisi tergantung dengan tali terikat pada leher. Kaki kiri korban masih mengenakan sandal jepit. Sementara sandal bagian kanannya berada di tanah. Helm hitam milik korban ditemukan sekitar 15 meter dari posisi korban tergantung.

Laurensius Laba Lasar, 53 tahun, yang memimpin pencarian korban, menuturkan bahwa dirinya menerima telepon dari istri korban pada pukul 18.00 Wita, hari Senin (9/5/2022), yang menyampaikan mengenai suaminya yang belum juga pulang rumah. Ia mendatangi rumah adiknya, dan menemui istri korban.

Kemudian mereka coba menghubungi keluarga korban untuk menanyakan keberadaan korban. Sayang, tak satupun keluarga yang tahu. Sehingga mereka memutuskan untuk melakukan pencarian.

Pencarian mulai dilakukan sekitar pukul 19.30 Wita, Senin (9/5/2022). Lokasi pencarian di sekitar persawahan Waikomo, kawasan pelabuhan laut Lewoleba, serta rumah-rumah keluarga dekat korban.

Tidak ada hasil. Informasi keberadaan korban sama-sama sekali tak diperoleh. Sekitar pukul 00.00 Wita, rombongan pencari memutuskan untuk berhenti, dan akan melanjutkan pencarian besoknya.

Pencarian dilanjutkan. Pada hari kedua, Selasa (10/5/2022), pencarian diarahkan ke lokasi kebun milik korban di kawasan Lusikawak, Desa Nubamado, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Saat tiba di kebun milik korban, mereka langsung melakukan pencarian di dalam kebun. Sekitar pukul 08.30 Wita, adik kandung korban, Ansel Buran berhasil menemukan sepeda motor milik korban. Tapi, korban masih belum ditemukan.

Atas komando dari Laurensius Laba Lasar ipar almarhum target pencarian disasarkan pada lokasi di luar kebun. Mereka bergerak ke luar kebun hingga mencapai jarak sekitar 700 mete dari kebun. Dalam pencarian inilah, mereka baru menemukan sosok Albertus Ali Buran tergantung dengan tali nilon hijau terikat di lehernya. Korban sudah tak bernyawa.

Ksmudian korban dibawa keluarga dan aparat kepolisian ke RSUD Lewoleba untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sejauh ini belum ada informasi terkait penyebab di balik peristiwa ini.

Menurut keluarga, almarhum merupakan sosok ASN yang pendiam dan murah senyum. Sebelum pindah ke bagian keuangan Setda Lembata, ia sempat menjadi bendahara di beberapa instansi.

Edwin Grison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.