Simak Tips Sehat dalam Menempuh Arus Balik Lebaran

by -1998 Views
Kendaraan yang didominasi pemudik melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo Km 437, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019). Pada H+3 arus balik Lebaran 2019 pada siang hari, volume kendaraan dari arah Solo dan Jawa Timur yang akan menuju Jakarta melalui Semarang di jalur tol tersebut terpantau padat. ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.

Tips,TERBITINDO.COM – Waktunya kembali. Para pemudik kini harus bersiap-siap kembali ke kota untuk kembali beraktivitas, setelah melaksankan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Jumlah pemudik yang luar biasa banyak yang akan kembali ke kota membuat akan mempengaruhi gelombang arus balik yang tinggi. Hal ini pun sudah diingatkan oleh presiden Jokowi dalam pidatonya melalui akun YouTube Kesekretariatan Presiden. Ia memprediksi lonjakan arus balik akan terjadi pada 6 – 8 Mei 2022.

Para pemudik yang baik, tentu baik memperhatikan saran dalam mempersiapkan kesehatannya sebagaimana arus mudik kemarin. Melalui halaman resminya Kementerian Kesehatan membagikan hal penting yang harus diperhatikan oleh pengemudi dan penumpang yang hendak melakukan perjalanan arus balik.

Pertama-tama sebelum menempuh perjalanan alangkah baiknya memeriksa kesehatan terlebih dahulu terlebih jika memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu. Hal ini tidak boleh diabaikan meskipun merasa sehat dan prima. Jangan lupa juga siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

Kedua, makanan yang dimakan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan seperti makan makanan pedas dan bersantan. Bagi pemudik yang hendak kembali disarankan memperbanyak makan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing, atau apel. Kurangi makanan yang memiliki tinggi kalori dan lemak agar stamina tetap terjaga selama berkendara.

Ketiga jaga kebugaran fisik maupun mental. Jangan cepat terpancing dengan kondisi arus balik yang padat. Jaga emosi dan kosentrasi selama perjalanan agar tetap bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara.

Para pengemudi haap beristirahat setelah 4 jam perjalanan. Karena bila seseorang mengemudi lebih dari 4 jam maka akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respons tubuh sehingga rawan untuk terjadi kecelakaan.

Jangan lupa cari tempat istirahat seperti rest area dan usahakan untuk tidur atau istirahat minimal 15-30 menit. Bila di tengah perjalanan sakit, segera cari pos kesehatan terdekat.

Beberapa tips berikut ini kiranya dapat menambah imformasi bagi pengendara agar perjalanan anda aman.

1. Pastikan fisik anda yang sehat

2. Kendaraan anda dipatikan siap dan layak pakai

3. Jangan meminum obat obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum melakukan perjalanan

4. Selalu beristirahat setelah mengemudi 4 jam, selama 15 menit, demikian pula dengan pegemudi motor. Istirahat setiap 2 jam. Lakukan peregangan, agar kita kembali segar. Jangan lupa minum air putih

5. Tidak boleh paksakan bila sudah mengantuk

6. Displin dan patuh rambu lalu lintas

7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang saat hujan dan cuaca buruk.

8. Kendaraaan tidak melebihi muatan yang layak

9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara

10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal

11. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan

12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

13. Buanglah sampah pada tempatnya

14. Tidak buang air kecil atau BAB sembarangan, gunakan toilet yang tersedia

15. Bila sakit manfaatkan pos kesehataner atau rumah sakit terdekat

Miranda Bonita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.