Menko Airlangga: Mudik Lebaran Dongkrak Ekonomi Rp174 Triliun

by -1319 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Hasil survei Balitbang 2022 memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2022 sebanyak 85 juta orang. Berdasarkan data ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yakin perekonomian di Indonesia akan naik mencapai Rp 174 triliun.

“Berdasarkan data Kementerian Perhubungan yang mudik sekitar 85,5 juta orang dan kalau mereka spending Rp1,5 juta saja maka ekonomi mudik itu Rp 174 triliun. Ini sebuah jumlah yang besar,” jelas Airlangga usai melepas ratusan pemudik dalam program mudik gratis di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat (29/4/2022).

Ia menambahkan perpanjangan libur massal diharapkan bisa meningkatkan perekonomian selama libur lebaran.

“Kalau tahun lalu ekonomi kita kan 7 persen, jadi basisnya tinggi sekali. Sehingga untuk itu perlu ada perkuatan dan ekonomi kita tuh setiap Lebaran tuh biasanya tinggi. Sehingga momentum ini perlu kita jaga,” harapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan perkiraan sekitar 85 juta orang yang akan melakukan mudik pada libur Lebaran 2022.

“Perlu juga saya sampaikan jumlah pemudik saat ini diperkirakan 85 juta orang,” jelas Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Adapun Pemerintah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah pada 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

“Pemudik dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) diperkirakan sekitar 14 juta orang; yang menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan sebanyak 47 persen,” tutup Presiden.

Akbar Saki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.