15 Menit KTP Jadi, Anies Baswedan: Ini Komitmen Baru DKI

by -1352 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program 15 menit selesai dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta semoga bisa memberikan efisiensi dan efektivitas layanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Ada jenis pelayanan yang kami komitmen selesaikan dalam 15 menit. Jadi harapannya ini menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat memiliki kepuasan yang lebih tinggi dalam menerima pelayanan dari pemerintah,” jelas Anies Baswedan setelah launching “Layanan Kependudukan DKI Jakarta 15 Menit Selesai” di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, (19/4/2022).

Ia menjelaskan komitmen percepatan waktu layanan ini sudah dilakukan sejak Maret dan akan berjalan terus.

Anies juga mengapresiasi Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah, karena membimbing Dinas Dukcapil DKI sehingga bisa melakukan implementasi di lapangan dengan lebih efisien dan baik.

“Kami berharap masyarakat Jakarta bisa bersyukur tinggal di kota ini karena pelayanannya baik,” papar Anies.

Sementara Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, mengungkapkan peluncuran layanan 15 menit selesai untuk 12 dokumen Dukcapil sebagai lompatan yang bagus bagi pelayanan Dukcapil DKI.

“Mengapa ini pencapaian luar biasa? Karena penduduk DKI itu 11,2 juta. Sejak bayi lahir sampai meninggal semua membutuhkan pelayanan Administrasi Kependudukan,” jelas Zudan.

Lebih lanjut Zudan menjelaskan, Kemendagri akan menyediakan pasokan blanko KTP elektronik agar layanan 15 menit selesai bisa berjalan lancar. Ia berharap provinsi lain bisa mencontoh Provinsi DKI menuju pelayanan 15 menit.

Kemendagri memiliki komitmen pelayanan satu jam satu jam sesuai dalam Permendagri Nomor 19 Tahun 2018, yang dikenal dengan program Semedi (Sehari Mesti Jadi).

“Nah, di DKI 15 menit sudah bisa jadi. Ini pencapaian yang luar biasa,” pungkasnya.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.