Paus Emeritus Benediktus XVI Tutup Usia

by -102 Views

Vatikan,TERBITINDO.COM – Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia pada , Sabtu, 31 Desember 2022. Ia menyelesaikan perziarahan di dunia ini pada usianya yang ke-95 tahun.

“Dengan sedih saya beritahukan kepada Anda bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae Vatikan,” tulis kantor berita Vatikan, Sabtu (31/12/2022).

“Informasi lebih lanjut akan diberitahukan sesegera mungkin. Mulai Senin pagi, 2 Januari 2023 jenazah akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus sampai saat penguburannya,” penjelasan tambah pada kantor berita tersebut.

Adapun Paus Benediktus lahir dengan nama Joseph Ratzinger di Marktl, Jerman, pada 16 April 1927.

Bapa suci mulai melanjutkan takhta Santo Petrus pada 19 April 2005, menggantikan mendiang Paus (Santo) Yohanes Paulus II yang meninggal.

Setelah kurang lebih 8 tahun menjalankan kepemimpinan di Keuskupan Roma (Paus), Benediktus mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Ia mengundurkan diri pada 28 Februari 2013.

Kemudian, Paus yang dikenal sebagai teolog ulung itu memilih tinggal di Biara Mater Eccelesiae, yang dahulu dibangun pada 1992 oleh Paus Yohanes Paulus II untuk komunitas biara internasional yang ingin menjalani kehidupan kontemplatif di dalam Kota Vatikan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.