Nasdem Akan Koalisi dengan PPP-PKS Jika Dukung Anies Capres 2024

by -1834 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Nasdem akan melaksankana rakernas pada 15-17 Juni 2022. Agenda utama rakernas ini adalah NasDem akan mengusulkan tiga kandidat capres kepada Ketum Surya Paloh untuk didukung di 2024.

Ada tiga nama yang menguat yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa. Pengamat politik Universitas Padjajaran Kunto Wibowo memprediksi NasDem akhirnya akan memilih satu nama sebagai capres.

“Kalau saya sih melihatnya partai akan mengusung satu nama. Apalagi untuk partai seperti NasDem yang enggak mungkin mencalonkan sendiri, mengusung sendiri karena presidential thresholdnya 20%,” kata Kunto, Senin (9/5/2022).

Menurut Kunto siapa yang bakal didukung NasDem adalah yang memiliki elektabilitas lebih tinggi. Kunto menilai NasDem sulit mendukung Ganjar karena ia merupakan kader PDIP.

“Akan sangat aneh kalau Partai NasDem kemudian mengusung nama dari kader partai lain, yang oleh partai lain itu pun sebenarnya belum tentu diusung. Jadi problem dengan nama Pak Ganjar ada di situ,” kata Kunto.

Sedangkan antara Anies atau Andika, Kunto menilai NasDem lebih memilih Anies yang elektabilitasnya lebih tinggi.

“Dari survei kan kelihatan bahwa Pak Anies Baswedan elektabilitasnya lebih tinggi daripada Pak Andika. Jadi menurut saya, ya Pak Anies bisa lebih mengemuka,” jelas Kunto.

Kunto mengingatkan bahwa NasDem tak bisa mengusung sendiri capres. Maka NasDem akan juga mencari mitra koalisi demi memenuhi syarat presidential threshold.

Sebut saja calon yang diajukan Anies, maka ada beberapa partai yang kemungkinan besar berkoalisi dengan NasDem.

“Kalau NasDem mengusung nama Anies Baswedan misalnya, akan ada partai-partai yang lebih dekat dengan nama itu. Misalnya, PPP, juga sudah kelihatan mengusung Anies Baswedan. PKS juga misalnya,” pungkas Kunto.

Akbar Saki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.