Bisa Bikin Panjang Umur, Berikut Manfaat Lengkap Memelihara Anjing

by -312 Views

Tips,TERBITINDO.COM -Anjing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Anjing bisa menjadi teman setia manusia. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara anjing sangat bermanfaat bagi kesejahteraan, penampilan, dan bahkan harapan hidup Anda.

Ada enam penelitian yang menyelidiki pengaruh positif memelihara anjing.

1.Memelihara anjing dapat membuat Anda terlihat 10 tahun lebih muda

Memiliki seekor anjing dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun yang memiliki anjing akan bertindak 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

2. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Pemilik anjing yang mengajak anjingnya jalan-jalan secara teratur, sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jika anak-anak dari keluarga dengan alergi dibiarkan tumbuh dengan anjing peliharaan sejak lahir, risiko mereka mengembangkan eksim dan asma akan menurun.

3. Dapat membuat Anda tetap bugar

Pemilik anjing harus mengajak anjingnya berjalan-jalan setiap hari. Satu penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing membuat Anda berjalan 22 menit lebih banyak per hari. Sedangkan penelitian lain menemukan bahwa peluang pemilik anjing mencapai tujuan kebugaran mereka lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

4. Menurunkan tingkat stres

Penelitian telah membuktkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda melawan stres sehari-hari dan menjaga suasana hati yang baik. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menyentuh, membelai, atau memeluk hewan dapat dengan cepat menenangkan ketika Anda merasa cemas atau stres.

5. Dapat melepaskan hormon bahagia

Berada di sekitar anjing dapat membantu Anda melepaskan hormon yang membuat Anda bahagia, seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Seperti diketahui, hormon-hormon ini dapat membuat Anda bahagia, bebas stres, dan awet muda.

6. Dapat memperpanjang usia harapan hidup Anda

Penelitian menunjukkan bahwa pemilik anjing rata-rata hidup lebih lama daripada mereka yang tidak memelihara anjing. Jika mereka hidup sendiri, mereka dapat pulih lebih cepat dari masalah kesehatan yang serius. Misalnya, serangan jantung atau stroke, berkat teman berkaki 4 mereka.

Miranda Bonita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.