PAN Cium Motif Politik di Balik Perintah Jokowi yang Tutup Pintu Penundaan Pemilu

by -250 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Wakil Ketua Umum PAN Bima Arya mengatakan pintu peluang untuk merealisasikan penundaan Pemilu sudah tertutup. Menurutnya, tutupnya peluang itu seiring Presiden Jokowi yang tegas meminta menteri-menteri tidak berkoar-koar tentang wacana terkait.

Sebelum ada pernyataan Jokowi, kata Bima wacana penundaan Pemilu itu memang terbuka. Namun kini sudah tertutup.

“Jadi ketika beberapa menyampaikan itu mungkin wacana terbuka tapi kalau hari ini presiden menyampaikan itu, pintunya tertutup,” jelas Bima di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Menurut Bima, ada faktor politik yang pastinya dipahami Jokowi. Ia pun meyakini telah adanya komunikasi politik di balik penegasan Jokowi yang minta menteri tidak lagi bersuara soal penundaan pemilu.

“Kalau presiden berbicara seperti itu, artinya ada perkembangan lebih lanjut, terkait dengan komunikasi politik tingkat tinggi. Saya yakin pernyataan presiden ada latar belakangnya, pasti ada komunikasi politik lebih lanjut terkait dengan kemungkinan-kemungkinan itu,” tegas Bima.

“Artinya ya pintu itu memang sudah tertutup, ya realitas politiknya tak memungkinkan,” lanjut Bima.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju untuk tidak lagi berbicara terkait isu penundaan pemilihan umum (Pemilu) maupun perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Selain itu, Jokowi minta para menteri menjelaskan soal situasi ekonomi global yang menyebabkan naiknya harga-harga kebutuhan pokok.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, pada Selasa (5/4/2022).

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.