Simak Manfaat Mengikuti Guru Penggerak

by -437 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Kementerian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) membuka pendaftaran seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik (CPP) Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7.

Pendaftaran Guru Penggerak dan Pengajar Praktik dilakukan secara online di website sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id /gurupenggerak.

Pendaftaran Guru Penggerak dibuka di 446 Kabupaten/Kota daerah sasaran PGP. Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 7 dibuka mulai 14 Maret sampai 15 April 2022. Sedangkan pendaftaran Guru Pengajar Praktik dibuka 14 Maret hingga 8 April 2022.

Kemendibuk merilis setidaknya ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik.

1. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama

Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak secara gratis.

Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Pada pelatihan ini, calon guru penggerak akan dipantau terkait capaian perkembangannya.

Selain itu, calon guru penggerak juga akan melaksanakan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai dilaksanakan.

2. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid

Manfaat kedua mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Pendidik dapat meningkatkan performa diri dalam menjadi guru yang sebenar-benarnya yang berpusat pada murid. Itu artinya, pendidik menjadi teladan dan mampu memberikan motivasi bagi murid sehingga menguatkan kemampuan untuk memberdayakan murid.

Guru akan totalitas dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada muridnya. Sehingga di masa yang akan datang, guru dapat mengatasi murid yang bermacam rupa, termasuk murid yang unik dan heterogen.

3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan

Manfaat ketiga mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.

Belajar memang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, konsistensi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya pelatihan guru penggerak, para pengajar dapat menimba ilmu kembali secara sistematis.

Pada tahap pertama seleksi, guru harus melampirkan CV, esai, dan mengikuti tes bakat skolastik. Jika sudah lolos tahap 1 maka akan lanjut ke tahap kedua dimana guru harus menunjukkan simulasi mengajar dan wawancara.

Baru setelah lulus kedua tahap tersebut, pendidik dapat mengikuti pelatihan guru penggerak selama 9 bulan.

4. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak

Manfaat keempat mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah bertemu guru-guru dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan pendaftar calon guru penggerak berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, para calon guru penggerak dapat bertukar informasi, pengalaman, dan ilmu yang mereka miliki selama pelatihan berlangsung.

5. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak

Manfaat kelima mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah calon guru penggerak mendapatkan pelatihan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya secara gratis.

Pengajar praktik / pendamping bagi pelatihan guru penggerak berasal dari Widyaiswara dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemendikbud.

Mereka bertugas untuk mencatat perkembangan peserta selama pendidkan guru penggerak secara daring, pendampingan selama pendidikan, serta memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya.

6. Mendapatkan komunitas belajar baru

Manfaat keenam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah mendapatkan komunitas baru.

Sama seperti penjabaran sebelumnya, para guru akan bertemu sesama peserta dan pelatih atau pembimbing dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Hal ini tentu menajdi komunitas belajar baru bagi guru yang mungkin masih dapat dilakukan ketika sudah selesai mengikuti program pelatihannya. Prgram ini memungkinkan guru untuk berkolaboasi dengan lebih banyak orang.

7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak

Manfaat ketujuh mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Hal ini dapat menjadi penunjang karir perguruan Anda.

Tak hanya itu, selama pelaksanaan Program Guru Penggerak berlangsung,Kemdikbud juga akan memberikan dukungan sebagai berikut:

1. Selama pendidikan dan pendampingan mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring (online).

2. Biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi jika diperlukan untuk pelaksanaan Lokakarya (sesuai kebutuhan).*Syarat & Ketentuan Berlaku
Itulah syarat dan cara mendaftar program Guru Penggerak beserta manfaat yang bisa diperoleh.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.