“Beta Suami Gagal”, Sepenggal Pesan Ditulis Musa Sebelum Bunuh Diri

by -421 Views

Kupang,TERBITINDO.COM – Ayah dua anak, Musa Daniel Ome ditemukan tewas gantung diri di rumahnya, Jalan Oekalipi, RT 15/RW 06, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Setelah mendapat laporan warga, polisi langsung melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP). Dalam proses itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti. Salah satunya secuil surat yang ditulis lansung almarhum Musa.

“Kita menemukan catatan wasiat yang berisi sejumlah pesan dan penyesalan,” jelas Kapolsek Maulafa Kompol Anton Mengga, kepada sejumlah wartawan, Kamis (31/3/2022).

Adapun pesan surat tersebut dialamatkan kepada kerabat dan kedua anaknya.

Dalam buku wasiat ini, Musa menuliskan curahan hatinya. Catatan ini dibuat pada 10 dan 12 Maret 2022.

Pada lembaran pertama, Musa menuliskan permohonan maaf dengan judul Semua di Naikolan beta (saya) minta Maaf.

Dia pun meminta maaf kepada dua anaknya. Dan meminta agar jenazahnya dibawa ke rumah orangtuanya di Naikolan, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa.

Pada lembaran surat berikutnya, Ia menulis curahan hati kepada keluarga dan permohonan maaf.

Musa menulis, istrinya Estin Fanggidae (30) yang telah meninggal karena gantung diri dua bulan sebelumnya yaitu 16 Januari 2022, akibat ulahnya.

“Estin (Istri Musa) jadi begini (meninggal) karena beta (saya) punya salah semua. Beta yang gagal jadi suami, beta minta maaf, beta ambil dia jadi istri dengan baik, tapi beta sonde (tidak) pernah mengasihi dia,” tulisny.

Ia juga menulis pengakuan, jika dirinya tidak pernah menghargai dan menuntut lebih, serta bersikap kasar terhadap istrinya.

“Beta minta maaf, beta manusia gagal. Semua yang terjadi karena beta. Maaf, beta sonde pantas hidup,” tulis Musa.

Dalam surat itu, Musa juga mengaku sangat menyayangi dan mencintai istrinya. Dia memilih mengakhiri hidupnya karena tak kuat ditinggal sang istri.

Dia pun menitip pesan kepada keluarganya, untuk menjaga dan merawat dua anaknya. Jika dua anaknya salah dalam bersikap, jangan dipukul tetapi ditegur.

Musa juga minta, agar dikuburkan di samping makam istrinya.

Edwin Grison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.