Ahok Tegaskan Pertamina Tidak Akan Naikkan Harga Pertamax untuk Cari Untung

by -569 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjelaskan BUMN migas itu tidak mungkin mengambil untung walaupun harga BBM jenis Pertamax akan naik.

Ahok menjelaskan sebagai BUMN, Pertamina tidak boleh menjual di atas harga SPBU swasta. Hal ini katanya dilakukan guna menjaga pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

Mantan gubernur DKI ini menegaskan bahwa kenaikan dilakukan agar kerugian perusahaan tak membuat keuangan perusahaan macet karena menanggung selisih harga minyak mentah internasional yang tengah meroket.

Diketahui sebelumnya Kementerian ESDM menetapkan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) sementara per 17 Maret 2022 sebesar US$114,77 per barel.Harganya naik dibanding ICP per Februari 2022 sebesar US$95,72 per barel.

“Pertamina tidak mungkin naikkan harga sampai untung. Situasi ekonomi sedang pemulihan. Pertamina naikkan yang penting ruginya tidak membuat macet perusahaan saja. Itu kayak fungsi BUMN Pertamina untuk menyediakan energi bagi seluruh rakyat,” terangnya kepada media Kamis (31/3/2022).

Pertamina jelasnya bisa saja untung jika mengikuti harga pasar secara umum dan menjual di harga Rp16 ribu per liter.

Tapi mantan bupati Blitung Timur itu memastikan akan menjual di bawah harga pasar karena fungsi perpanjangan tangan pemerintah yang diemban.

“Kalau mau ada untung dan ikuti harga pasar secara umum bisa segitu. Karena itu Pertamina harus bawah agar swasta tidak pasang harga di sana,” tutupnya.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.