Pulau Sumba Potensial, Daihatsu Siap Lebarkan Sayap ke Pulau Seribu Bukit ini

by -234 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) memikat Daihatsu. Daihatsu menilai Pulau Sumba memiliki potensi pasar cukup besar. Karenanya Daihatsu berniat melakukan survei pasar untuk mengenal lebih jauh kota indah yang berjuluk Negeri Seribu Bukit tersebut.

“(Sumba) potensinya sepertinya oke. Makanya setelah ini saya ingin benar-benar survei pasar,” jelas Regional Head PT Astra International–Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Jatim, Bali, dan Nusra, Tunjung Pramusinto di sela ekspedisi Terios 7 Wonders di Sumba Timur, akhir pekan lalu.

Pada survei pasar katanya ada banyak parameternya. Salah satunya adalah kepadatan penduduk ataupun jumlah penduduk. Selain itu lanjutnya perusahaan pembiayaan yang ada di kota tersebut juga masuk dalam tahapan survei.

“Ya, termasuk leasing. Ada apa tidak, kan itu penting ada tidaknya yang membiayai. Soalnya di pasar mobil itu 80 persennya leasing jadi sangat pengaruh terhadap pasar,” jelas Tunjung.

Ia juga menyampaikan, jika memang Pulau Sumba memenuhi syarat untuk Daihatsu membuka pasar, kita akan mulai dengan skala kecil.

“Skalanya biasanya kecil dulu, kami punya single sales point hanya ‘S’ (sales) saja. Kalau ke depannya nanti kita sudah tahu marketnya ada untuk layanan servis baru kami akan bangun yang 3S (sales, service & spare part),” terangnya.

Menurunnya Sumba memiliki karakter pasar yang mirip-mirip dengan Bali. Sebagai kota dengan destinasi wisata yang banyak sekali, maka mobil jenis LMPV maupun LCGC bakal diminati.

“Kalau dilihat di Sumba ini dominan pariwisata, sama seperti Bali, saya perkirakan yang bakal diterima adalah all new Xenia, LCGC, dan pikap karena di sini juga ada pertanian,” terang Tunggul.

Sebagai kota pariwisat, baginya pasar di Pulau Sumba bisa berkembang terus. Banyaknya wisatawan yang datang pasti kebutuhan akan transportasi terus bertambah.

“Kalau pariwisata bisa berkembang terus, makin banyak turis akan semakin banyak orang yang ingin punya mobil digunakan sebagai personal travel atau mereka akan membuat grup,” tutupnya.

Adapun sejauh ini dealer Daihatsu di wilayah Nusa Tenggara baru ada di Lombok (NTB), Sumbawa (NTB), dan Kupang (NTT).

Deren Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.