Pemda NTT Siap Mendorong Promosi Bidang Pariwisata Langkah Pemulihan Ekonomi

by -453 Views

Kupang,TERBITINDO.COM – Sepanjang tahun 2022 ini, pemerintah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) siap memperkuat promosi pariwisata lewat puluhan kegiatan festival.

“Sedikitnya ada 25 event pariwisata yang digelar dalam tahun ini sebagai upaya promosi pariwisata besar-besaran untuk menarik kunjungan wisatawan maupun menggerakkan usaha ekonomi masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Zet Sony Libing dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat (25/3/2022).

Dia menjelaskan pelaksanaan festival atau parade itu didukung pemerintah pusat hingga daerah dari sisi anggaran.

Ada lima kegiatan yang didukung pemerintah pusat, lima kegiatan didukung pemerintah provinsi, dan sisanya digelar pemerintah kabupaten/kota dengan jumlah keseluruhan sekitar 25 kegiatan.

Semakin banyak penyelenggaraan kegiatan pariwisata katanya, maka sektor pariwisata di NTT akan lebih cepat pulih dari dampak pandemi COVID-19 karena akan memicu peningkatan kunjungan wisatawan.

Selain itu menurutnya, usaha ekonomi kreatif masyarakat juga bisa bertumbuh dari belanja wisatawan saat pelaksanaan festival atau parade tersebut.

“Produk-produk UMKM seperti kopi, tenun, kuliner, karya kerajinan tangan, dan sebagainya tentu bisa lebih laku terjual,” jelasnya.

Diapun berharap pemerintah daerah di 22 kabupaten/kota se-NTT menyiapkan secara baik berbagai aspek pendukung pelaksanaan kegiatan pariwisata.

“Hotel, homestay, UMKM, paket wisata, termasuk masyarakat di daerah harus dipersiapkan secara baik agar wisatawan yang datang bisa menikmati kunjungannya,” pungkasnya.

Deren Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.