Menteri BUMN Optimis Kejayaan Ekonomi Indonesia Masuk 5 Besar Dunia Tahun 2045, Mengapa?

by -380 Views

Jakarta,TERBITINDO.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, Indonesia bisa memasuki masa kejayaan ekonominya pada tahun 2045 yaitu masuk dalam 5 besar ekonomi dunia dengan Pendapatan Domestik Bruto.

Erick mengatakan pencapaian itu hanya bisa terwujud dengan usaha dan upaya bersama dengan mengoptimalkan peran BUMN dalam mendorong percepatan implementasi arah kebijakan ekonomi nasional.

“BUMN 1/3 kekuatan ekonomi Indonesia!” tegas Erick dalam keterangannya, Kamis (24/3/2022).

Lebih lanjut Erick menjelaskan sebagai perpanjangan tangan pemerintah, BUMN harus bisa mengoptimalkan segala potensi ekonomi yang ada. Jangan sampai, besarnya peluang ekonomi yang dimiliki Indonesia, malah dinikmati bangsa lain.

“Roadmap kita yang harus kita punyai, bukan roadmap China atau Amerika, tetapi road map Indonesia. Di mana BUMN berperan dan bertanggung jawab atas roadmap itu,” kata Erick.

Agar bisa memaksimalkan peran tersebut, Erick terus mendorong seluruh BUMN agar beradaptasi dan mampu menyesuaikan model bisnisnya dengan perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini.

Saat ini pertumbuhan ekonomi digital sudah mencapai Rp 2.345 ribu triliun. “Apa rela market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain lagi? Padahal 273 juta penduduk Indonesia mayoritas generasi z,” lanjut Erick.

Selain itu, Erick juga menyebutkan peran BUMN untuk bisa mengoptimalkan kekayaan alam Indonesia untuk sebesar-besarnya mendorong perekonomian nasional.

“Sama juga dengan sumber daya alam, sampai kapan market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain, bukan untuk pertumbuhan bangsa ini,” tutup Erick.

Tere Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.