Didukung 19 DPC, RHP Calon Kuat Pimpin DPD Demokrat Papua

by -177 Views
Ketua DPC Demokrat Mamberamo Raya Karel J. Thanem, yang diberi mandat mewakili 18 DPC menyerahkan surat dukungan itu secara simbolis kepada RHP.

JAYAPURA (PB.COM)—Sebanyak 19 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat mendukung Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si menjadi Calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua periode 2022-2027 dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang sedianya akan digelar pada 17 Maret 2022 mendatang.

Surat penyataan dukungan itu diserahkan secara langsung oleh ke-19 DPC Demokrat kepada RHP di Kantor DPD Demokrat Papua, Kotaraja, Jayapura, Rabu (09/03/2022). Adalah Ketua DPC Demokrat Mamberamo Raya Karel J. Thanem, yang diberi mandat mewakili 18 DPC menyerahkan surat dukungan itu secara simbolis kepada RHP.

Calon Ketua DPD Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak memperlihatkan surat dukungan dari DPC kepada para simpatisan dan pendukungnya di pelataran Kantor Demokrat Papua.

“Pada hari ini, Rabu, 9 Maret 2022, saya Karel Thanem Ketua DPC Demokrat Mamberamo Raya bersama 18 DPC Demokrat dari lima wilayah adat di Provinsi Papua, dengan ini menyerahkan surat pernyataan dukungan kepada bapa Ricky Ham Pagawak, Wakil Ketua DPD Demokrat Papua sebagai Kandidat Ketua DPD Demokrat Papua 2022-2027,” kata Karel disambut tepuk tangan seluruh DPC Demokrat yang hadir.

Menurut Karel, sesuai AD/ART dan petunjuk operasional partai, pemilihan Ketua DPD Demokrat Papua adalah sah. Ia menilai, sosok RHP merupakan kader terbaik yang pantas melanjutkan kepemimpinan Lukas Enembe, SIP.MH. Sebab RHP adalah kader yang loyal dan militan, yang terbukti bekerja membesarkan partai dan menjadi bupati Mamberamo Tengah dua periode lamanya.

 

“Dengan diserahkannya dukungan ini, esok kami akan resmi daftarkan beliau di Kantor DPP di Jakarta sebagai Calon Ketua DPD Demokrat Papua dalam Musda 17 Maret 2022 mendatang,” tutur Karel.

Plt. Ketua DPC Sarmi Willem Indey mengatakan DPD Demokrat sudah dipimpin oleh Lukas Enembe selama 15 tahun atau tiga periode. Oleh karena itu pada 17 Maret 2022, akan digelar Musda untuk memilih calon ketua DPD.

“Kami 19 Ketua DPC ini memberikan surat dukungan resmi kepada Pak RHP. Kalau dari jumlah yang ada, sudah lebih dari separuh, dari total 29 DPC,” kata Willem.

Adapun 19 DPC Demokrat dimaksud yakni Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya, Kota Jayapura, Boven Digoel, Mappi, Yalimo, Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Nabire, Intan Jaya, Mimika, Dogiyai, dan Kabupaten Puncak.

Apresiasi Lukas Enembe

Sementara itu, Ricky Ham Pagawak atau RHP usai menerima surat dukungan itu mengatakan, dia sangat mengapresiasi dukungan tertulis yang telah diberikan oleh ke-19 Ketua DPC Demokrat kepadanya.

“Kami Sengaja memilih tanggal 9 adalah tanggal cantik bagi sejarah Demokrat dan SBY selaku pendirinya yaitu 9 September. Ini dukungan resmi, tidak ada dipaksa-paksakan. Ini semua hasil kebersamaan yang terjalin selama kurang lebih 7 tahun. Terima kasih kepada seluruh Ketua DPC yang telah mendukung. Kami siap bekerja untuk melakukan konsolidasi,” kata RHP.

RHP juga sangat berterima kasih kepada Pendiri Demokrat Susilo Bambang Yudhono serta Ketua Umum Partai Demokrat Papua yang sedang memimpin partai dengan jiwa anak muda. Sebab dari mereka lahirlah kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin DPC Demokrat Mamberamo Tengah serta menjadi Wakil Ketua DPD Demokrat Papua.

“Saya secara khusus berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tulus kepada senior kami, kakanda Lukas Enembe yang sudah besarkan saya dan ratusan kader lainnya. Karena itu, kami sekaligus juga mohon izin kepada beliau, pada hari ini tanggal 9 Maret, kami deklarasi maju menjadi calon Ketua DPD dengan satu tujuan untuk terus membesarkan Partai Demokrat ke depan. Sebab kami kader sudah siap melanjutkan kerja politik yang telah diletakkan oleh beliau,” tegas RHP.

RHP saat digotong dan diarak oleh massa pendukungnya saat acara deklarasi.

Melihat AD/ART Partai Demokrat, dengan dukungan 19 DPC Demokrat, RHP dipastikan memiliki peluang lolos untuk terpilih menjadi Ketua DPD Demokrat Papua periode 2022-2027. Tentunya, terbuka kemungkinan ada kader dari lain yang bakal maju dan mendaftarkan diri di sisa waktu beberapa hari ini menjelang Musda Demokrat.

Acara deklarasi ini dihadiri ratusan massa dan simpatisan yang memadati pelataran depan Kantor DPD Demokrat Papua. Lalu lintas di Jalan Raya Abepura selama acara tampak padat merayap, bahkan terkadang macet akibat banyaknya massa yang hadir mendukung RHP, sang pemimpinnya. (Gusty masan Raya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.