Calonkan Diri Jadi Ketua DPD, RHP Sowan Politik Ke Pendiri Demokrat Papua

by -147 Views
Calon Ketua DPD Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak menerima kenang-kenangan piring gantung dari pendiri Partai Demokrat Papua, Budi Waromi di rumahnya, Rabu (09/03/2022)

JAYAPURA (PB.COM)—Calon Ketua DPD Partai Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si  bersilaturahmi ke rumah kediaman pendiri Partai Demokrat Papua, Budi Baldus Waromi di Jalan Tongkol, Kelurahan Argapura, Kota Jayapura.

Dengan mobil hummer kebesarannya yang dihiasi logo dan bendera Demokrat, RHP didampingi sejumlah Ketua DPC Demokrat dari beberapa kabupaten di Provinsi Papua, tiba di kediaman Budi sekitar Pkl. 12.00 siang, Rabu (09/03/2022).

Rumah kediaman pendiri Partai Demokrat Budi Waromi di Jalan Tongkol Kelurahan Argapura.

“Kami sangat berterima kasih atas hari yang indah ini sehingga bisa bertemu dengan pendiri dan pelopor Partai Demokrat Papua guna meminta doa restu dari beliau. Setelah deklarasi maju jadi calon Ketua DPD Demokrat tadi, saya diingatkan untuk harus ke sini bertemu orang tua kami. Kami berterima kasih dan dapat sekolah politik dari beliau hari ini,” kata Ricky Ham Pagawak yang akrab di sapa RHP kepada wartawan di sela-sela silaturahmi itu.

Menurut RHP, dukungan dari politisi besar Papua seperti Budi Waromi yang sangat berjasa bagi Demokrat Papua, sangat penting sebagai motivasi untuknya dalam pencalonan menjadi Ketua DPD Demokrat Papua.

Suasana diskusi saat silaturahmi politik RHP dan Budi Waromi.

“Kunjungan hari ini adalah kunjungan kekeluargaan, Ke depan, kami ingin beliau masuk dalam struktur DPD Partai Demokrat Papua sebagai penasihat. Nanti saya juga akan silaturahmi dengan Kaka Lukas Enembe sebagai Ketua DPD Demokrat untuk meminta dukungan yang sama terkait pencalonan ini,” ujarnya.

Budi Waromi adalah politisi senior Papua yang menjadi satu-satunya tokoh deklator Partai Demokrat dari Papua bersama pendiri, Susilo Bambang Yudhoyono, 9 September 2001 di Jakarta.

Budi juga adalah sosok di balik terbentuknya Partai Demokrat di Tanah Papua (Provinsi Papua dan Papua Barat) sejak tahun 2002, dimana dia menjadi Ketua DPD Demokrat Papua  pertama selama 2002-2007. Namun pada kongres Demokrat di Denpasar Bali tahun 2006, Lukas Enembe, SIP.MH dipercayakan memimpin DPD Demokrat hingga berlanjut 15 tahun atau tiga periode sampai saat ini.

“Setelah dari Demokrat, saya dan teman-teman bentuk Partai Kedaulatan di Papua dan dapat 1 kursi di DPR Papua,” kata Budi yang juga mantan anggota DPR RI perwakilan Dati I Irian Jaya ini 1987-1999 kepada wartawan.

Budi yang juga mantan anggota MPR selama 1999-2004 ini mengaku berterima kepada Ricky Ham Pagawak selaku Calon Ketua DPD Demokrat yang datang bersilatuhrami dengannya.

“Saya mendukung sepenuhnya dengan hati yang bersih langkah politik Pak Ricky Pagawak untuk maju menjadi calon ketua DPD Demokrat. Tujuannya supaya kelanjutan kepemimpinan Partai Demokrat Papua ini tetap terjaga baik, harmonis dan sinergis untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat,” kata Budi.

Acara silaturahmi atau sowan politik singkat ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan berupa piring gantung dari Budi Waromi kepada RHP.

Sesuai agenda, DPD Partai Demokrat Papua akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) pada 17 Maret 2022 mendatang guna memilih Ketua DPD Papua periode 2022-2027. (Gusty Masan Raya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.