Pejabat Harus Kerja Cerdas Dukung Bupati Spei Wujudkan Pegubin Jadi Daerah 3T Plus

by -372 Views
Bupati Spei Yan Bidana dan Plt. Sekda Alotysius Giyai berfoto bersama para pimpinan 9 OPD Pegubin yang baru dilantik di Aula Kantor Bupati Pegubin, Senin (14/02/2022)

JAYAPURA (PB.COM)—Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang Bidang Promosi Investasi Nasional dan Internasional, Gabriel Goa meminta para pejabat di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kabinet kerja Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si harus bekerja keras, kerja cerdas, dan kerja cepat untuk berkolaborasi mewujudkan sejumlah program prioritas bagi kemajuan Pegubin menjadi daerah 3T Plus.

“Kami sudah menjajaki peluang kerjasama promosi dan investasi dengan pihak media nasional dan internasional, kementerian dan lembaga negara di Jakarta, perwakilan RI di luar negeri maupun perwakilan negara-negara sahabat di Jakarta untuk menjadikan Pegubin sebagai Kabupaten Contoh di Papua. Tujuannya agar Pegubin bisa keluar dari kategori 3 T Minus menjadi 3T Plus. Dreams can come true if we have the Courage to pursue the Dream,” kata Gabriel dalam rilis yang diterima papuabangkit.com, Kamis (17/02/2022).

Staf Khusus Bupati Pegubin, Gabriel Goa

Menurut Gabriel,  hingga kini Kabupaten Pegubin masih masuk kategori 3T Minus yaitu Terisolir, Terkebelakang dan Termiskin. Di bawah kepemimpinan Bupati Spei Bidana dan alm. Wakil Bupati Piter Kalakmabin, daerah ini tengah dikembangkan menjadi wilayah kategori 3T Plus yakni Terdepan, Termaju dan Terkaya di NKRI seperti New Zealand atau Swiss.

“Karena itu, para jajaran pejabat yang sudah dilantik untuk segera mempercepat lobi di tingkat Nasional dan Internasional untuk mendukung semua program-program yag sesuai visi misi bupati,” urainya.

Gabriel menjelaskan, Kabupaten Pegubin yang terletak di wilayah perbatasan NKRI-Papua Nugini. Namun hingga kini, daerah ini belum ada pengembangan Kawasan Strategis Nasional Perbatasan. Untuk itu, sejak awal memimpin, Bupati Spei Bidana bersama alm Wakil Bupati Piter Kalakmabin sudah melakukan terobosan lewat program strategis mereka.

Pertama, menyiapkan SDM Pegunungan Bintang yang unggul dengan mempersiapkan SDM sejak usia Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah pendirian Universitas Okmin Papua, dimana dalam rencana bangunan fisiknya berada di wilayah perbatasan dengan Papua Nugini yakni Distrik Batom.

Bupati Spei Bidana saat menyerahkan DPA 2022 bagi para pimpiman OPD Pegubin, Senin (14/02/2022)

Kedua, mempromosikan keunggulan-keunggulan produksi Pegubin seperti kopi arabika dan destinasi wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner melalui media OkminTV Papua, media online, dan media cetak dan elektronik.

“Untuk mendukung ini, Pemkab Pegubin dan Kementerian Kominfo sedang membangun jaringan telekomunikasi guna mempercepat akses internet di Bumi Okmin,” kata Gabriel.

Ketiga, membuka isolasi dan memudahkan akses jalur transportasi darat, sungai dan udara di wilayah Perbatasan Tengah Papua berbatasan dengan Papua Nugini yakni pembangunan jalan trans nasional di wilayah perbatasan, pembangunan Bandara di Batom, dan pembangunan sarana prasarana untuk membuka keterisolasian Pegubin.

“Semua program ini berjalan baik tentu harusnya didukunga oleh kesiapan eksekutif Pemkab Pegubin, terutama para pejabat di dinas terkait,” tutupnya. (Gusty Masan Raya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.